Cara Sederhana Menghindari Penipuan Penjual Online

Online Shopping menjadi gaya hidup baru di Indonesia. Kemudahan dan kecepatan memperoleh informasi produk melalui internet sangatlah membantu, terutama bagi Anda yang sibuk.

Tapi, sayangnya trend ini dimanfaatkan sebagian orang yang tidak bertanggungjawab, baik dari sisi penjual maupun pembeli. Trusted Online Shop seperti kami ini juga bukan tidak pernah terkena imbasnya. Ada beberapa konsumen baru yang tarik-ulur karena mereka tidak percaya pada kami, walaupun akhirnya kami mampu meyakinkan mereka. Tapi, ada juga sesekali kami yang kena akal bulus pembeli online.

Sebenarnya ada beberapa tips sederhana yang kami pelajari untuk menganalisis apakah Online Shop dimana Anda akan bertransaksi terpercaya atau tidak. Berikut tips yang kami simpulkan dari pengalaman kami dan beberapa konsumen:

1. Cek benar update Fanspage Facebook atau Blog atau Web atau Twitter yang mereka miliki.
Saat ini sangat mudah membuat akun media sosial. Tapi untuk Online Shop yang kurang jujur biasanya mereka sangat jarang update di media sosial dimana mereka jualan. Paling sering mereka mengelabui calon korban dengan update di grup Blackberry yang mereka punya. Padahal bisa saja foto-foto di grup tersebut mereka ambil dari internet dan ‘konsumen’ di grup tersebut adalah komplotan mereka.

2. Cek benar apakah ada testimonial yang banyak dan baik dari konsumen mereka.
Jika mereka belum punya testimonial baik di blog/web atau media sosial, sebaiknya lebih berhati-hati. Bahkan, jika mereka memiliki testimonial sedikit, kita juga harus tetap waspada karena bisa saja testimoni tersebut dikirim oleh komplotan mereka.

3. Lebih baik Anda juga memiliki No ponsel mereka atau minimal Anda melihat no ponsel mereka di Online Shop nya.
Seperti yang pernah kami alami, kami membeli baju dari sebuah online shop via Grup Blackberry yang terus-menerus mengundang kami (padahal kami tidak kenal pemiliknya). Kami akhirnya invite PIN BB pemilik grup terrsebut dengan maksud ingin transaksi. Setelah kami mentransfer sejumlah uang, kami dikeluarkan dari grup dan PIN pemilik OL Shop tersbut juga hilang di kontak kami. Sayangnya, kami tidak punya no ponsel dia. Oleh karenanya, dituntut kehati-hatian kita semua.

4. Jangan mudah tergiur harga murah!
Ada harga, ada kualitas. Biasanya itu yang kita lupakan. Kita ditawari produk yang bagus (bahkan dengan iming-iming ORI atau Import) tapi harganya sangat murah. Kadang penipu online bahkan mem-bundle beberapa produk dengan potongan harga lagi jika dibeli bersamaan. Dari sana kita harus telusuri kebenarannya. Kalau dirasa mencurigakan, jangan lanjutkan transaksi.

5. Jangan belanja Online jika tidak percaya Online Shop!
Terkadang ada konsumen yang hanya karena mengikuti trend nekat berbelanja Online, tapi sebenarnya dia takut tertipu. Hal seperti ini yang sebenarnya jadi cukup merepotkan Trusted Online Shop. Konsumen sudah tanya ini-itu, tawar sana-sini, bahkan ada yang langsung menunding “Ini bukan penipu?”, akhir-akhirnya tidak jadi transaksi. Jika dirasa tidak percaya jika tidak bertemu langsung dengan penjual atau produk, jangan belanja Online! Carilah toko ‘nyata’ di sekitar Anda, siapa tahu harganya bisa sama dengan yang ditawarkan Online Shop.

Demikian sedikit tips dari Aurel Doll untuk menghindari penipuan berkedok Online Shop. Mungkin masih banyak pengalaman dari Sobat Aurel yang lain yang bisa di share disini agar kita sama-sama berbagi pengalaman. Silakan šŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s